Sepatu Nyaman, Anak Bebas Melangkah

Saat anak mulai rutin beraktivitas, ia memerlukan sepatu terbaik untuk mendukung pergerakannya. Meski di dalam rumah ia bebas bertelanjang kaki – karena lantai rumah yang bersih tentunya – tapi ketika berada di luar rumah, kaki mungilnya perlu perlindungan yang nyaman dan memadai. Apabila membahas tentang sepatu anak, selain nilai fashion utamakan juga ukuran, bentuk, dan fungsi sepatu buat si kecil. Hal ini dimaksudkan agar anak bebas melangkah dan menendang tanpa merasa ‘tersiksa’ dengan sepatu tidak nyaman. Berikut ini beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum membeli sepatu untuk anak:

1. Ukuran yang tepat
Ketika pertama kali akan membelikan anak sepatu, Anda perlu mengetahui berapa sebenarnya ukuran kakinya. Pada saat ini, sebaiknya Anda menghindari pembelian secara online. Luangkan waktu untuk berkeliling department store ( lebih baik jika ke toko khusus sepatu anak) untuk menemukan ukuran yang paling pas dengan kaki si kecil.

Mungkin Anda akan menemukan perbedaan ukuran yang cukup signifikan pada kaki kanan dan kaki kiri anak. Jika demikian, pilihlah size sepatu mengikuti ukuran kaki yang lebih besar. Seiring masa pertumbuhan tubuhnya, ukuran kaki juga bertambah dengan cepat. Sebab itu, Anda perlu secara rutin memperhitungkan ukuran kaki anak setiap 2-3 bulan.

2. Mencoba sepatu dengan berdiri
Minta anak berdiri saat mencoba sepatu. Perhatikan ujung jari-jari kakinya. Cara untuk memastikan ia tidak kesempitan adalah dengan menekan ujung sepatu. Perkirakan masih terdapat sedikit sisa ruang antara ujung kaki dengan ujung sepatu. Normalnya selebar ibu jari orang dewasa atau sekitar setengah inci. Bukan yang benar-benar ketat, ya, Ma.

3. Pakaikan kaus kaki
Ukuran kaus kaki yang Anda kenakan pada anak tentu harus sama dengan ukuran sepatunya.

4. Jangan tergoda ukuran yang lebih besar
Setelah mencoba sepatu dan menurut Anda sudah pas, belilah sepatu dengan ukuran tersebut. Jangan tergoda untuk membelikan anak sepatu yang ukurannya lebih besar dengan maksud masih bisa dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama. Justru, sepatu yang kebesaran di kaki anak, membuatnya sulit berjalan bahkan membahayakan. Bisa saja ia terjatuh karena gerakan kaki yang tidak seimbang dengan sepatu.

5. Periksa tumit kaki anak
Minta anak berjalan agar Anda dapat memeriksa bagian tumitnya. Perhatikan, Ma, gesekan tumit ke atas dan ke bawah pada bagian belakang sepatu, dapat mengakibatkan lecet.

6. Pertimbangkan bahan material
Cara mudah untuk mengetahui sepatu nyaman atau tidak untuk anak, ia sangat mudah ditekuk dan fleksibel. Hal ini tergantung dari jenis material dasarnya. Pilihlah sepatu yang terbuat dari bahan kanvas, kain, atau kulit (bukan karet atau plastik), yang semuanya berpori sehingga memudahkan sirkulasi udara pada kaki.

7. Sol yang kokoh
Jangan memilih sepatu dengan sol yang halus dan licin. Sehingga anak berisiko terpeleset saat melangkah. Begitu juga sepatu dengan permukaan sol yang terlalu dalam, sehingga tidak nyaman ketika berjalan di atas karpet atau trotoar.

8. Ajak anak memilih model sepatu
Balita Anda bisa jadi tidak banyak komentar dan permintaan mengenai ragam pilihan sepatu. Namun, Anda bisa mengajaknya untuk memilih dengan menghadapkan padanya beberapa pilihan sepatu yang sudah Anda pastikan ukurannya sesuai, lalu biarkan si kecil menunjuk sepatu mana yang ia suka.

Si kecil perlu sepatu baru untuk sekolah atau aktivitas lainnya? Mama dan Papa dapat dengan nyaman memilih sepatu yang tepat dan sesuai dengan kegiatan anak dengan datang dan berbelanja di Payless ShoeSource. Payless ShoeSource merupakan perusahaan family footwear terbesar di Western Hemisphere, USA, yang menawarkan beragam sepatu dan aksesori dengan harga terjangkau. Payless memperluas jaringan bisnisnya hingga ke Indonesia yang menjadi jejak global bagi pengusaha retail sepatu. Dengan lebih dari 60 toko yang kini tersebar di seluruh Indonesia, Payless menjadi pilihan pertama bagi pencinta sepatu dan aksesori.

Agar memudahkan Anda memilih sepatu anak, Payless memiliki Payless Kids yaitu bagian dari store yang memiliki koleksi sepatu anak, mulai dari untuk bayi, anak baru belajar berjalan, balita, anak sekolah, dan remaja. Tipe sepatu anak yang tersedia pun lengkap, seperti untuk acara kasual, formal, dan olahraga. Payless Kids juga bisa membantu mengukur kaki anak Anda di tempat dengan alat ukur kaki yang disiapkan khusus. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui dan membeli sepatu dengan ukuran tepat untuk si kecil.

Tak hanya sepatu, keperluan anak lain, seperti tas sekolah, kaos kaki atau pernak pernik cantik seperti jepit rambut, juga bisa didapatkan di Payless.

Payless juga selalu memberikan harga dan promo setiap bulannya. Seperti promo Back To School, Buy 2 Get 1 Free, BOGO (Buy One Get One 50% Off) dan promo menarik lainnya yang bisa diketahui lebih lanjut melalui facebook Payless ShoeSource Indonesia.

Serunya lagi, Anda dan si kecil bahkan bisa bergaya kembar. Beberapa sepatu koleksi Payless memiliki model yang sama untuk orang dewasa dan anak-anak.
Sumber : www.parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar