Lakukan Ini Jika Anak Berbohong

Berbohong adalah perilaku yang umum dilakukan anak prasekolah. Kadang kala, mereka masih bingung dan mencoba membedakan antara mana yang nyata dan mana yang tidak. Anak usia ini memang banyak terlibat permainan berpura-pura dan juga dikelilingi dengan buku, film, dan program TV di mana manusia bisa terbang dan binatang bisa berbicara.

Jadi, bantulah anak belajar memahami perbedaan antara berbohong dan berkata jujur. Kalau ia berbohong, bertanyalah, “Apakah itu benar-benar terjadi atau sesuatu yang kamu inginkan terjadi?”

Kebanyakan anak akan berkata kalau hal tersebut hanya mengada-ngada. Apa lagi? Doronglah anak memiliki imajinasi yang bebas. Namun, pastikan saja bahwa anak mengerti kalau ia harus mengatakan secara jujur, jika hanya mengada-ngada. Lebih lanjut lagi, buat aturan main yang jelas. Ia harus selalu jujur. Berbohong sama sekali tidak diperbolehkan. Dengan cara ini, anak tahu persis apa yang Anda inginkan dan akan selalu mematuhinya.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar