Lakukan Ini Bila Anak Kepergok Mencuri

Sepulang dari playdate, Anda baru menyadari bahwa si 5 tahun Anda merasa bersalah. Ternyata, mainan Star Wars temannya tersembunyi di dalam genggaman tangannya. Anak usia sekolah Anda seharusnya sudah tahu mana yang lebih baik dilakukan, kata Bhavin Dave, M.D., associate director dari Infant and Toddler Mental Health Program pada Children’s National Medical Center di Washington, DC. “(Namun) ini tidak berarti nantinya ia akan melakukan berbagai tindakan kejahatan dalam hidupnya,” tambahnya.

Untuk menghindari anak melakukan hal serupa:
  • Tanyakan apa yang terjadi. Meski semua bukti menunjukkan ada pencurian barang, berikan anak kesempatan untuk menjelaskan sebenarnya apa yang terjadi. Anak usia ini umumnya akan berkata secara jujur.
  • Tunjukkan rasa tidak setuju (secara tenang). Anda bisa bilang kalau mencuri akan menyakitkan hati orang lain. Dan, si pencuri sendiri akan mendapat masalah dan bahkan bisa kehilangan semua temannya.
  • Bicarakan soal aturan. Pelajaran yang harus ia kuasai sangat sederhana, yakni jangan mencuri. Bisa juga katakan bahwa Anda akan menghukumnya kalau ia mengulangi lagi.
  • Minta anak melakukan sesuatu. Misalnya, minta anak mengembalikan mainan yang diambil dari temannya. Anak akan merasa malu, namun hal tersebut tidak akan ia ulangi lagi.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar