4 Ide Siapkan Menu Bekal Sekolah Anak

Mengurangi kerepotan di pagi hari, ide bekal anak ini bisa jadi inspirasi.

    Bawa buah dan sayur, yuk!

Aneka potongan buah segar dan sayuran rebus juga asyik dijadikan bekal. Bisa memilih pisang, apel, jeruk, mangga, atau anggur. Sayuran seperti wortel, buncis, jamur, brokoli atau kembang kol sebagai finger food. Lengkapi dengan saus pencelup/dipping dari yogurt atau cottage cheese dalam wadah terpisah. Agar tidak berubah warna, bubuhi irisan buah dengan sedikit air jeruk lemon dan madu untuk mengurangi keasaman.

    Hemat Waktu, Bisa!

Pagi hari pastinya saat yang super sibuk untuk Mama, mengurus semua keperluan keluarga, termasuk menyiapkan bekal. Untuk mengurangi kerepotan di pagi hari, Anda bisa mulai menyiapkan bekal pada malam sebelumnya. Masak setengah matang atau potong bahan makanan yang akan dipakai, lalu simpan di kulkas. Bisa juga memasak makanan matang, lalu simpan dalam freezer. Cairkan atau thawing bahan makanan beku yang sudah dimasak, sebelum dipanaskan dengan microwave atau kompor. Jika bahan makanan yang disimpan hanya setengah matang, maka matangkan pada pagi harinya.

    Jepang dan Makan Sehat

Jepang termasuk negara yang jempolan untuk urusan bekal dan makan siang. Seperti yang dipraktikkan di TK/SD Nishikasai di distrik Edogawa, Tokyo. Setiap hari staf dapurnya menyajikan makan siang untuk murid dan guru. Menunya disusun oleh guru nutrisi, mengacu pada standar yang ditetapkan distrik Edogawa. Komposisi gizi, nutrisi, kalsium dan vitamin tentunya sangat diperhatikan. Pemberian nasi, tepung, kentang, ikan dan sayur-sayuran, dilakukan secara seimbang, agar anak-anak pada usia pertumbuhan mendapat asupan nutrisi optimal.

Kecukupan kalsium menjadi perhatian khusus, sebab ada kecenderungan kurang asupan kalsium di kalangan anak-anak Jepang. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, sekotak susu selalu dimasukkan ke dalam menu makan siang. Salah satu trik agar anak tertarik pada makanan adalah dengan
melibatkan mereka dalam proses persiapannya. Makanya, sekolah di Jepang menugaskan anak-anak bergiliran menjadi school lunch duty. Berseragam mirip koki, mereka membagikan makanan untuk teman-temannya.

    Fun sandwich

Roti memang bahan andalan untuk dijadikan bekal. Meski sudah berkreasi dengan berbagai macam isi, anak tetap saja bisa bosan. Tapi, lain cerita kalau roti disajikan dalam bentuk yang lucu. Tidak perlu keahlian tingkat tinggi, cookies cutter ukuran besar atau cetakan khusus roti bisa membantu Anda. Seperti sandwich stamps.
Sumber : www.parenting.co.id/
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar