17 Agustusan TK IT Harapan Bunda 3

Untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, TK IT Harapan Bunda mengadakan lomba antar siswa. Berbagai lomba diselenggarakan untuk merefreshing sejenak kegiatan belajar mengajar. 

Ini tentu kondisi yang positif karena lomba Agustusan sarat dengan manfaat bagi anak dikutip dari nutrijell.com , yaitu:
 
SPORTIVITAS
Lewat lomba, anak tahu betapa penting arti kejujuran dan menghargai nilai-nilai sportivitas. Kemenangan tidak akan ada artinya jika diperoleh lewat cara-cara tidak sehat. Anak juga diarahkan untuk belajar menghargai proses, bukan hasil. Meski proses yang baik biasanya akan membuat hasil lebih baik juga. Meski pada kenyataannya, saat lomba Agustusan, baik yang menang atau kalah tetap akan mendapatkan hadiah. Hal itu sebagai bentuk penghargaan atas jerih payah anak.
 
INTROSPEKSI
Anak akan terpacu untuk meningkatkan kualitas kerjanya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Kualitas ini bisa didapat dari melihat kekurangan dari hasil yang didapat anak tersebut. Atau dengan melihat beberapa keunggulan lawan yang harus ditiru anak. Cara ini  akan memacu anak untuk terus memperbaiki kekurangan. Misal, saat lomba sepeda hias, kreasinya sudah baik tapi kurang rapi, anak bisa terpacu agar kreasi sepeda hiasnya lebih rapi.
 
MENGHARGAI KEMENANGAN
Ajarkan pada anak agar menghargai kemenangan teman, sekaligus tidak sombong saat dirinya menang. Anak diajarkan bagaimana menghargai kemenangan lawan, saat dirinya kalah dan temannya menang, ia berkata, “Selamat ya”. Atau saat ia memenangkan pertandingan, ia tidak sombong kepada anak-anak lainnya.  
 
MEMUPUK KEBERANIAN TAMPIL
Anak dituntut berani tampil di muka umum, ditonton banyak orang. Ini tentu baik untuk mengasah kepercayaan dirinya.

Galeri Kegiatan : 









Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar