Anak Sering Mimpi Buruk di Malam Hari

Bukan hanya anak-anak besar, mimpi buruk juga sering dialami batita. Malah, bukan sekadar mimpi buruk, ada pula yang namanya night terror, alias ‘teror’ di malam hari, yang lebih heboh dan menakutkan gejalanya dibandingkan mimpi buruk. Di tengah tidur malam, anak yang mengalami teror bisa tiba-tiba menangis dan menjerit dalam kondisi setengah terjaga, mengamuk berguling-guling dengan mata melotot dan wajah tegang ketakutan.

Meski terlihat mengerikan, teror malam ini terbilang wajar. Biasanya, anak-anak akan pernah mengalami satu periode teror malam di dalam kehidupannya, yang muncul ketika ia berusia antara 2 - 6 tahun.

Night terror sendiri berbeda dengan mimpi buruk. Mimpi buruk muncul selama tahapan tidur REM (rapid eye movement = gerakan mata yang cepat), atau tidur mimpi, yaitu tahap tidur ringan. Meskipun anak tetap tidur selama mimpi, ia akan terbangun sesudahnya, dan biasanya dalam keadaan ketakutan. Sementara teror malam adalah bangun pada sebagian dari tahap tidur non-REM atau tidur yang sangat dalam. Anak yang mengalami biasanya tidak terbangun penuh, kecuali jika ia dibangunkan.

Hampir tak ada yang bisa dilakukan orang tua ketika teror malam terjadi. Memeluk atau memegangi anak yang sedang mengalami teror malam biasanya malah akan membuat ia bertambah keras memberontak. Juga, jangan berusaha membangunkan ia. Terlepas dari betapa paniknya ia, tindakan Anda itu hanya akan memperpanjang terornya. Teror malam biasanya berakhir setelah 10 - 30 menit. Ketika bangun di pagi hari, kemungkinan besar anak tak akan ingat apa yang ia alami.

Salah satu penyebab terror malam, menurut Dr. Jill Sewell, dokter spesialis anak dari Centre For Community Child Health di Royal Children’s Hospital, Melbourne, Australia, adalah jadwal tidur yang berantakan. “Perubahan rutinitas, misalnya ketika memasuki sekolah baru atau punya saudara baru, stres, dan ada masalah dalam kehidupan sehari-hari, juga bisa mengakibatkan munculnya teror malam,” katanya.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar