5 Cara Ini Bisa Buat Anak Suka Membaca

Tidak seperti kakaknya yang sangat hobi baca buku sehingga koleksi buku di kamarnya nyaris sudah seperti perpustakaan mini, si adik tak tertarik kepada buku sejak kecil. Ia lebih suka mengoleksi boneka, pernak-pernik hiasan rambut, dan bermain game padu padan busana di komputer. Nah, kalau hal itu membuat Anda khawatir, coba lakukan beberapa saran berikut, agar ia mau lebih banyak ‘bergaul’ dengan buku.
  • Biarkan anak memilih buku yang diinginkan. Ensiklopedi anak mungkin bacaan bagus, dan Anda ingin sekali agar anak membacanya. Tetapi, kalau ia masih memilih Princess atau Franklin ketika Anda mengajak ia ke toko buku, belikan saja. Anda tetap boleh membelikan buku-buku bagus yang lebih ‘berat’ dan membujuk ia membacanya. Bisa jadi suatu hari ia akan tertarik.
  • Daftarkan ia sebagai anggota perpustakaan atau taman bacaan. Selain mendorong ia rajin meminjam buku, katakan bahwa ia bisa bertemu dengan anak lain yang suka membaca. Bisa jadi, ia lebih termotivasi gemar membaca.
  • Batasi menonton TV dan bermain game. Kedua kegiatan itu terbukti paling besar menyita waktu anak di luar aktivitas sekolah. Meski sulit, terapkan disiplin ketat sejak dini soal batasan waktu menonton dan main game. Ia pun punya waktu lebih banyak untuk kegiatan lain, termasuk baca buku!
  • Ciptakan tempat yang nyaman untuk membaca. Anda tak harus menyediakan satu ruangan khusus sebagai perpustakaan mini di rumah, tetapi satu sudut di ruang keluarga pun sudah cukup. Anda bisa meletakkan rak-rak rendah untuk buku-bukunya, dan menyediakan karpet dengan bantal-bantal atau kursi empuk untuk membaca. Dijamin tempat yang nyaman tersebut akan membuat ia rajin ‘mojok’ untuk baca buku.
  • Beri contoh! Perlihatkan bahwa Anda pun senang membaca Orang tua yang senang membaca akan memiliki anak-anak yang senang membaca karena mereka adalah peniru yang baik.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar