Manfaat Buah Kiwi Bagi Anak

Jumlah anak yang mengalami obesitas terus meningkat. Salah satu penyebabnya adalah pola makan yang buruk dan tidak seimbang. Anak-anak cenderung menyukai makanan berkalori tinggi, cepat saji, dan mengandung gula tinggi. Dan hal itu diperparah dengan kurangnya aktivitas fisik, karena meningkatnya hobi bermain game. Kondisi itu tentu saja tidak bisa dibiarkan, karena kesehatan anak jadi taruhannya. Akhiri pola makan yang buruk dengan mulai memberi ia makanan yang memengaruhi kesehatan pencernaan dan metaboliknya.

Sudah coba kiwi? Dalam simposium internasional pertama mengenai buah kiwi dan kesehatan di New Zealand, yang diprakarsai oleh Riddet Institute (lembaga riset New Zealand), dan didukung oleh Zespri International Ltd. pada April lalu, hasil uji klinis menunjukkan manfaat buah kiwi dalam kesehatan secara keseluruhan.

Di pasaran dikenal dua varian buah kiwi, yakni green dan sungold. Kiwi green memiliki kandungan serat paling tinggi, yaitu 3g/100g. Sedangkan kiwi sungold memiliki kandungan vitamin C tertinggi, bahkan tiga kali lebih tinggi dibandingkan jeruk. Kiwi sungold memiliki kandungan air yang lebih banyak dan sifat sweeter when softer (rasanya lebih manis saat buahnya lebih lunak). Bila si kecil tidak terlalu suka dengan rasa kiwi yang asam, sebaiknya pilihlah jenis sungold.

Untuk mendapat manfaat kesehatan tubuh secara menyeluruh, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. SpGK, Kepala Departemen Gizi RSCM, menyarankan konsumsi 2–3 porsi buah dan 3–5 porsi sayur per hari. Buah kiwi dapat melengkapi kebutuhan nutrisi harian keluarga, termasuk si kecil. Konsumsi 2 buah kiwi per hari akan memberi banyak manfaat kesehatan, di antaranya membantu proses metabolisme (kiwi hanya menyumbang 57kkal/100g), meningkatkan sistem imun (berkat kandungan vitamin C yang tinggi), mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi, menangkal radikal bebas, serta merupakan sumber nutrisi untuk pertumbuhan anak (serat, antioksidan, mineral, vitamin E, dan vitamin C). (foto: 123rf)

Tips: Untuk mengurangi rasa asam pada buah kiwi, tak perlu menyimpannya di dalam kulkas. Buah kiwi akan terasa lebih manis jika disimpan di suhu ruang.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar