Lakukan 7 Hal Ini Untuk Atasi Rasa Takut Anak

Menurut Mary Dobbins, MD, dokter spesialis anak merangkap psikiater anak dari Illinois, Amerika Serikat, pendekatan yang salah berisiko membuat anak menjadi lebih takut kegelapan. Dengan mengecilkan arti rasa takutnya, kepercayaan dirinya juga bisa ikut terluka. Sebaiknya, bantu anak menaklukkan rasa takutnya dengan cara berikut ini:
  • Berikan empati. Daripada bilang, “Anak besar seperti kamu semestinya tidak takut gelap,” lebih baik bilang, “Gelap itu kadang-kadang menakutkan, ya.” Lalu, dengarkan curhat-nya tanpa menghakimi ia. Berikan cahaya. Misalnya, pasang lampu malam atau lampu biasa yang diredupkan di kamarnya.
  • Mencari bersama-sama. Pada usia ini, imajinasi anak amat tinggi. Jika ia terus berbicara tentang naga atau monster di kolong tempat tidur atau dalam lemari, ajak saja berburu bersama-sama. Usirlah imajinasi yang menakutkannya dengan suara keras dan dramatis.
  • Letakkan ‘penjaga’ di sebelahnya, seperti boneka beruang. Ajari anak berdoa sebelum tidur alias ‘mantra pengusir monster’, dan yakinkan ia bahwa mantra tersebut sangat ampuh.
  • Selesaikan masalahnya. Sebelumnya telusuri dahulu sumber permasalahannya, lalu dampingi anak menyelesaikan masalah tersebut.
  • Berikan pengalaman menyenangkan. Bantu anak menganggap kamarnya sebagai tempat yang aman dan menyenangkan. Misalnya, setelah lampu diredupkan, lakukan ritual berpelukan, dan nyanyikan lagu-lagu lembut pengantar tidurnya. Jika ia suka, hiasi langit-langit kamarnya dengan ornamen benda langit yang berkilau dalam gelap.
  • Hindari pengalaman menakutkan. Jauhi anak dari film-film bertema kekerasan, buku tentang hantu, ataupun cerita seram, yang bisa membangkitkan imajinasi anak ketika sudah berada di bawah selimut. Jangan pula menjadikan monster, hantu, penculik, dan sejenisnya, sebagai ancaman, bila anak tidak mau menuruti perkataan Anda. 
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar