Anak Takut Kecoak

Apakah Anda pernah mengalami tiba-tiba anak berteriak karena takut melihat kecoak? Jika hal ini terjadi pada usia balita, mungkin Anda sedikit memberi pemakluman. Namun bagaimana jika anak sudah berusia 6 tahun, tapi masih merasa takut pada serangga kecil itu? Roslina Verauli, M. Psi., Psikolog anak di RS Pondok Indah Jakarta memberikan penjelasannya untuk Anda.

Di usia pra-sekolah (3-5 tahun), anak-anak memiliki ketakutan umum, misalnya berupa binatang yang menggelikan. Pola itu lumrah terjadi sampai umur 5 tahun. Ketika ia berusia 6 tahun, hal itu masih dapat diterima karena dianggap proses transisi. Namun jika ketakutannya amat berlebihan, Anda harus memahami penyebab ketakutan itu. Coba perhatikan, adakah orang dewasa di sekitar anak yang memiliki respons berlebihan terhadap kecoak? Apakah anak pernah memiliki pengalaman buruk dengan kecoak? Atau, apakah kecoak itu memang amat mengganggu?

Jika ternyata kecoak tak terlalu mengganggu, Anda bisa membantu menenangkan anak agar tak timbul trauma emosional, yaitu ketika anak memiliki pengalaman negatif mengenai sesuatu, kemudian emosinya tidak dikeluarkan. Lebih baik, segera tenangkan anak saat ia melihat kecoak. Perlihatkan bahwa kecoak tersebut tidak akan mendekati dirinya. Bantu anak mengatasi gangguan-gangguan binatang kecil dengan cara yang tepat, seperti diberikan obat anti-hama. Tunjukkan kepada anak bahwa kecoak tersebut dapat diatasi agar tidak berada di sekitarnya.

Jika anak masih ketakutan, bantu ia menceritakan ketakutannya tersebut. Umumnya, anak-anak masih memiliki keterbatasan dalam mengekspresikan emosi. Itulah sebabnya anak butuh dibantu, misalnya melalui dongeng tentang kecoak. Mama bisa menceritakan bahwa kecoak sama dengan binatang yang lain, tetapi tidak perlu dipegang. Bantu anak lebih rasional dalam memandang kecoak. Jadi, ia tidak perlu menampilkan respons emosional karena telah diberi ratio mengenai apa itu binatang kecoak. Ketika anak semakin rasional, maka reaksi emosionalnya akan berkurang dan lebih rendah.
Sumber : www.parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar