Anak Bermain dan Belajar Mengenal Warna


Berikut ini permainan yang bisa Anda coba di rumah, dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar, untuk mengenalkan balita pada warna:

Tas Sentuh
Usia 1 – 3 tahun
Kumpulkan berbagai hal dari alam –bunga, ranting, batu, bulu, daun—serta masukkan ke dalam sebuah tas. Dalam keadaan tas tetap tertutup, minta anak untuk menyentuh setiap benda dan menebak benda apakah itu. Begitu ia berhasil menjawab dengan benar, tanyalah, “Berapa lama dahan akan menempel di pohon? Ini bulu binatang apa?”

Piring Pelangi
Usia 2 tahun
Buka 1 pak piring plastik berwarna putih (pilih yang biasa, bukan yang diberi lapisan). Bersama anak, cat 8 piring dengan warna berbeda-beda, sambil menekankan padanya nama dari warna tersebut. Setelah kering, ajak anak ke dapur dan minta dia meletakkan buah dan sayur pada piring yang warnanya sama. Lalu, cari di sekeliling rumah berbagai benda lain yang memiliki warna serupa dengan warna piring. Si 2 tahun Anda sangat suka mengikuti permainan petualangan ‘Aku Menjadi Detektif ’ ini. Pastikan Anda juga memberitahunya berbagai gradasi warna dari setiap warna, seperti lavender (keunguan), aquamarine (hijau kebiru-biruan), dan peach. Bila Anda tidak memiliki barang berwarna seperti ini di rumah, tunjukkan saja pada anak warna apa yang Anda maksud dengan krayonnya.

Balok Bergambar
Usia 4 – 5 tahun
Cari flyer berwarna, katalog, dan majalah lama Anda. Carilah gambar binatang, tempat (latar belakangnya), dan warna. Begitu anak memiliki 6 warna dari setiap kategori tersebut, bantu dia menempelkannya pada berbagai sisi dari 3 balok yang ada, yakni 1 untuk binatang, 1 untuk latar belakang, dan 1 untuk warna. Secara bergiliran, gulingkan balok dan ceritakan sesuatu berdasarkan karakter, latar belakang, dan warna yang muncul pada permukaan balok. Si 4 tahun sudah bisa menceritakan sesuatu yang lucu ‘bermodalkan’ gambar Chihuahua, bathtub berisi air panas, dan sesuatu berwarna kuning.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar