5 Cara Membiasakan Anak Makan Bersama Keluarga

Mungkin selama ini Anda sekeluarga sudah terbiasa makan di perjalanan, tak sarapan bersama, atau bahkan makan malam di sofa depan televisi. Jika Anda peduli dengan family time dan masa depan anak, mulailah menata kembali kebiasaan makan Anda dan keluarga agar tercipta kembali kebiasaan makan di meja.

Memang banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh anak-anak yang memiliki kebiasaan makan bersama keluarga, lho. Menurut sebuah penelitian, keluarga yang makan bersama di meja makan dapat membuat anak menjadi lebih tegas menghadapi peer pressure, pandai membuat keputusan, berprestasi di sekolah, serta terhindar dari penyalahgunaan alkohol, obat-obatan, dan seks bebas. Di samping itu, mereka juga belajar mengenai nutrisi sehingga terhindar dari gangguan perilaku makan saat beranjak dewasa.

Lantas, bagaimana mulai membiasakan anak makan di meja bersama keluarga? Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda coba terapkan di rumah.
  • Libatkan semua orang dalam pemilihan menu. Beri kesempatan seluruh anggota keluarga secara bergiliran untuk memilih menu makan bersama. Ini akan memberi kesempatan mereka menunjukkan antusiasme terhadap momen makan bersama.
  • Buat tema menu hari tertentu. Misalnya, nasi goreng di Senin atau burger sehat di akhir pekan, yang tentu saja harus melalui diskusi dengan anak-anak.
  • Libatkan semua orang dalam tata meja. Mulai dari balita, remaja, dan orang tua sebaiknya mengambil peran saat menata dan membereskan meja makan.
  • Buat perencanaan matang. Jangan sampai Anda memilih menu yang waktu pengolahannya lama. Sebaiknya, semua bahan sudah dipersiapkan terlebih dahulu, dan dimasak sesaat sebelum jam makan tiba, sehingga tidak ada yang mengeluh karena menunggu terlalu lama
  • Selingi dengan keseruan. Bisa dengan menyetel lagu kesukaan, berdialog dengan anak, bermain kata, atau melempar lelucon agar suasana tetap menyenangkan.
 Sumber : www.parenting.co.id

Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar