4 Pertanyaan Ini Sering Diajukan ke Dokter Saat Anak Sakit

Karena tidak ingin salah penanganan saat anak sakit, pertanyaan-pertanyaan di bawah ini mungkin sering Anda dengar. Berikut jawaban dari dr. Kartikaningsih, Sp.A di RSIA Carolus, Summarecon Serpong.

T: Kapankah anak perlu minum obat antivirus?
Pemberian antivirus hanya dilakukan jika gejala virus tampak jelas dan memang diperlukan oleh penderita. Mayoritas penyakit yang disebabkan oleh virus bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pemberian antivirus, terutama jika kondisi kekebalan tubuh anak baik.

T: Ketika sakit, bolehkah minum suplemen yang berguna menguatkan imunitas tubuh?
Asupan suplemen boleh saja diberikan, karena bisa membantu mempercepat pemulihan tubuh. Hanya saja, bersamaan dengan itu, jangan lupa memberikan makanan bergizi, mencukupi asupan cairan, serta memastikan anak cukup beristirahat untuk meningkatkan kekuatan tubuhnya.

T: Bolehkah memandikan anak yang kulitnya sedang terkena ruam?
Di kala sakit, anak tetap harus mandi seperti biasa untuk memelihara kebersihan kulitnya. Pasalnya, kulit yang kotor akan memudahkan bakteri bermukim dan berkembang biak, sehingga menimbulkan masalah baru. Hanya saja, sesudah mandi hindari menggosok tubuh dengan handuk, melainkan cukup ditempel saja pelan-pelan untuk mengeringkan kulit.

T: Dalam kondisi cuaca yang tidak jelas seperti sekarang ini, bagaimana cara terbaik untuk menghindari anak terserang penyakit?
Tentunya dengan menguatkan imunitas tubuh anak melalui pemberian makanan bergizi, cukup istirahat, dan berolahraga sesuai kebutuhan. Selain itu, ajari pula anak mencuci tangan dengan benar sesering mungkin, terutama setelah bermain, sebelum makan, setelah makan, dan sebelum tidur. Jika anak terserang sakit, berikan waktu yang cukup untuk beristirahat di rumah, agar kondisinya cepat pulih dan tidak berpotensi menularkan kuman penyakit kepada teman-teman di sekitarnya.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar