Karakter Anak sesuai Urutan Lahir

Selain karakter bawaan, posisi anak di dalam keluarga, sebagai si sulung, si tengah, dan si bungsu, biasanya ikut membentuk karakter anak. Hal itu mungkin berkaitan erat dengan sikap orang tua sendiri.

Terhadap si sulung, misalnya, orang tua cenderung memberi tanggung jawab yang lebih besar. Dibanding adik-adiknya, ia lebih ‘beruntung’ karena lahir lebih dahulu dan menikmati perhatian yang tak terbagi dari orang tuanya. Biasanya orang tua juga berharap banyak kepada si sulung, sehingga ia terbentuk menjadi pribadi yang lebih serius, lebih bisa diandalkan, dan tidak jarang juga berprestasi.

Harapan orang tua yang dicanangkan cukup tinggi bagi si sulung, hal itu tampaknya mulai berkurang untuk si tengah, dan lebih berkurang lagi kepada si bungsu. Tak heran kalau si tengah tidak memikul ‘beban’ seberat kakaknya, dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih relaks, periang, dan suka bergaul. Jangan heran kalau ia punya banyak teman.

Sementara itu, terhadap si bungsu, Anda mungkin sudah lebih santai lagi, sehingga nyaris tidak ada tuntutan prestasi untuk ia. Anggapan sebagai anak terkecil juga membuat si bungsu cenderung lebih dilindungi anggota keluarga yang lain. Akibatnya, ia tumbuh menjadi anak yang manja, kurang mandiri, dan selalu ingin dituruti. Setelah dewasa, anak bungsu biasanya tidak terlalu istimewa dalam karier atau kondisi keuangan, karena cenderung memiliki daya juang yang tidak terlalu kuat.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar