Anak Sering Bisulan, Wajarkah?

Tanya : Apa penyebab bisul yang sering muncul pada anak usia 8 tahun? Lokasi bisul bervariasi, bisa di dahi, kadang di hidung, bahkan pernah di kaki. Setahu saya, bisul biasanya paling sering muncul pada anak usia 1-3 tahun karena faktor alergi. Apakah pada anak usia 8 tahun juga berkaitan dengan alergi, atau sekadar masalah kebersihan? - Rissa, Bogor.

Jawab : Bisul merupakan penyakit kulit yang sering menyerang pada anak. Penyebabnya sebagian besar adalah bakteri Staphylococcus atau Streptococcus. Bakteri tersebut masuk ke dalam kulit melalui luka, misalnya luka akibat garukan. Pada anak yang memiliki penyakit alergi, sering timbul rasa gatal pada kulit, yang pada akhirnya kerap mengakibatkan luka karena anak terus menggaruk. Dengan memerhatikan kebersihan anak, seperti membiasakannya mencuci tangan dan mandi dua kali sehari, Anda dapat mengupayakan agar anak tak lagi terkena bisul berulang.

Narasumber : dr. Bobby Setiadi Dharmawan, SpA (Rumah Sakit Harapan Bunda)
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar