Solusi Untuk Anak Pemalu

Umumnya, anak pemalu ketika bersekolah karena hanya bertemu dan bermain dengan orang-orang yang ada di rumah. Cara mengatasinya mudah, kok. Ajak dia bermain ke rumah tetangga, saudara, atau teman Anda. Selain itu, Anda bisa mengajaknya bermain dengan playground. Dengan cara ini, anak akan belajar bersosialisasi dengan anak atau orang lain. Sambil melakukan hal tersebut, perhatikan proses penyesuaian si kecil dengan lingkungan barunya. Sebenarnya, ia lebih nyaman di tempat baru yang ramai atau sepi? Jika si kecil rewel di tempat baru yang sepi, sering-seringlah membawanya ke tempat yang baru. Bagaimana pun, kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya dipengaruhi oleh faktor fisik atau sosialnya.

Anak mungkin, kok, berubah. Yang penting, orang tua dan pengasuhnya bukan pemalu. Jika Anda berdua adalah pemalu, besar kemungkinan si kecil ‘belajar’ juga menjadi pemalu. Jadi, bantulah anak untuk mengatasi rasa malu. Jangan sekali-kali mengejeknya, karena hal ini akan membuatnya semakin malu dan juga kehilangan rasa percaya dirinya.

Selain membantu anak, pujilah setiap hal yang berhasil dilakukannya. Misalnya, ia sudah berani bersalaman dengan orang lain atau berbicara dengan anak di sebelahnya saat bermain di playground. Lama kelamaan, ia akan piawai bergaul dan memiliki banyak teman.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar