Anak Menabung, Pilih Jangka Panjang atau Pendek?

Mengajarkan anak untuk menghargai uang salah satunya bisa dengan cara belajar menabung. Ada menabung untuk tujuan jangka panjang atau jangka pendek. Berikut ini tip menabung cerdas yang dapat dicoba bersama anak:

Menabung untuk tujuan jangka pendek:
  • Gunakan toples atau wadah bening lainnya untuk menabung, sehingga anak bisa melihat jumlah uangnya yang terus bertambah dari hari ke hari. Beri label bertuliskan jumlah uang yang harus dikumpulkan.
  • Ijinkan ia sesekali untuk mengeluarkan uang tersebut dari wadah untuk menghitungnya.
  • Begitu uang telah mencapai jumlah yang diinginkan, segera keluarkan dan ajak anak untuk membeli barang yang diinginkannya. Biarkan ia membawa uang dan membayarkannya sendiri.
Menabung untuk tujuan jangka panjang:
  • Buka rekening tabungan di bank atas nama anak adalah langkah terbaik untuk tujuan jangka panjang.
  • Buat perjanjian dengan anak, berapa jumlah uang yang ingin ia setorkan ke bank setiap minggu/bulannya. Beri pilihan padanya, apakah ia ingin mengumpulkan sendiri uang yang akan disetor ke bank dari uang sakunya, atau Anda yang langsung memotong dari uang sakunya.
  • Setiap akhir bulan, ajak anak untuk mencetak buku tabungannya untuk melihat seberapa besar kemajuannya dalam menabung.
Sumber :  www.parenting.co.id

Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar