Anak 5 Tahun Isap Jempol. Normalkah?

Di tahap tumbuh kembangnya, tidak jarang balita memiliki kebiasaan isap jempol. Kebiasaan ini sebenarnya adalah pola anak mencari kenyamanan, dan normal dialami pada anak berumur 0-2 tahun. Umumnya, pada usia 2-3 tahun, anak mulai bertransisi menjadi mandiri, misalnya tidur di kamar sendiri tanpa bantuan dekapan mama atau boneka. Dan di usia 3-5 tahun, ia telah belajar serta berusaha mandiri melakukan hal-hal itu, tanpa mencari kenyamanan melalui isap jempol.

Namun, bagaimana bila anak usia 5 tahun masih mengisap jempolnya, normalkah? Cari tahu penyebab anak masih mengisap jempol. Bila hal itu telah ia lakukan sejak kecil hingga berumur lima tahun, berarti anak gagal belajar mandiri dalam kegiatan sehari-hari, yang dapat muncul dari penghayatan anak saat jauh dari orang tua, atau jika orang tua kurang memberikan kasih sayang. Jika baru-baru saja terjadi, maka ada sesuatu yang mengganggu anak, sehingga membuat ia butuh merasa seperti anak-anak kembali. Bantu anak mengutarakan apa yang ia rasakan untuk mengetahui alasan anak masih melakukan kebiasaan ini. Segera gantikan isap jempol dengan afeksi orang tua, seperti usapan-usapan, yang mungkin selama ini kurang didapatkan anak.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar