Tips Disiplin Anak


Mendisiplinkan anak terutama batita memang tidak mudah. Jika Anda salah menerapkan teknik disiplin, si kecil akan terus membuat kesalahan yang sama. Inilah trik mendisiplinkan anak yang perlu Anda ketahui.

Jangan memukul. Anda mengirim pesan bahwa boleh menggunakan paksaan jika memukul anak. Plus, anak kecil belum bisa menghubungkan kesalahannya dengan respons Anda. Memukul juga bisa membuat anak trauma dan di kemudian hari dia bisa berpikir kalau orang tuanya kejam.

Jangan terlalu sering mengatakan “tidak”. Batita yang sering mendengar kata ini akan mengulang kata ini kembali. Sebaiknya fokuskan untuk melakukan apa yang ia bisa: “Mengapa kamu tidak melompat saja ke lantai, bukan ke tempat tidur?”

Jangan memeluknya bila ia menangis. Jika Anda melakukannya, berarti Anda sudah mempersiapkan diri untuk sebuah “kontes menangis” di masa yang akan datang. Sebaiknya biarkan tangisanya reda setelah itu baru memeluknya

Tetap tenang. Teriakan akan membuatnya terkejut atau ketakutan, tapi tak mengubah kebiasaan buruknya.

Perlakukan dia dengan baik. Beri ia ciuman, pelukan, dan pujian saat ia berkelakuan baik.Namun saat berkelakuan tidak baik Anda tidak perlu menghukumnya dengan berat. Berilah hukuman sesuai dengan usianya.

Buat kontak mata. Ini menunjukkan rasa hormat dan perhatian. Kontak mata akan membuat Anda disegani oleh anak bukan ditakuti.

Sumber : parentsindonesia.com
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar