Tanamkan Jiwa Pengusaha pada Anak

Anak senang membuat gelang dari manik-manik dan menjualnya kepada teman-teman sekelasnya. Wah, sepertinya ia berbakat menjadi seorang pengusaha ketika besar nanti. Namun, tak cukup hanya bakat saja, ia juga harus memiliki beberapa karakter berikut ini:

1. Percaya diri
Percaya akan kemampuan diri sendiri merupakan modal dasar seorang pengusaha. Ia harus yakin bahwa dirinya mampu mengatasi masalah-masalah yang akan dihadapi. Bagaimana cara memupuk rasa percaya dirinya? Mama harus membiarkan anak membuat keputusan sendiri dan mendukung pilihan yang diambilnya. Meskipun Anda tahu bahwa keputusannya kurang tepat dari kacamata orang dewasa, jangan terburu-buru untuk memberi tahunya apa yang benar.

2. Tahan banting
Tak peduli bagaimana pun Mama berusaha melindungi anak dari rasa kecewa, sakit, maupun kegagalan, ia pasti akan mengalaminya. Seorang pengusaha sudah pasti akan mengalami banyak masalah dan sejumlah kegagalan sebelum akhirnya benar-benar sukses. Cara melatih anak adalah dengan membiarkannya merasakan kegagalan. Bimbing anak agar ia dapat segera bangkit dan mencari solusi.

3. Kreatif
Seorang pengusaha harus bisa menemukan ide ide kreatif dan segar agar bisnisnya selalu berkembang. Bagaimana cara melatih sikap kreatif anak? Mulai dari tugas sekolahnya. Minta ia mengerjakan lebih dari yang ditugaskan guru. Atau ajak ia menuliskan ide-ide kreatif dari tugasnya tersebut dan kemungkinan jawaban yang bisa diberikan. Kreativitas bisa datang dari mana saja, tinggal bagaimana kita membiarkan ide-ide tersebut kita laksanakan.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar