Perlukah Anak Minum Multivitamin?

Banyak kandungan dan manfaat suplemen multivitamin untuk anak, apa saja?

Apa kandungannya? Jenis suplemen tunggal biasanya hanya berisi 1 jenis vitamin atau mineral saja, sedangkan multivitamin merupakan gabungan dari berbagai macam vitamin ataupun zat lain atau non vitamin (seperti mineral, asam amino, atau herbal tertentu yang memiliki khasiat terapetik tertentu).Beberapa jenis vitamin dan mineral yang kerap ditemui pada suplemen anak-anak adalah:

1. Vitamin A untuk mendukung pertumbuhan normal, perbaikan jaringan dan tulang, serta kesehatan kulit mata, dan respons imun.
2. Vitamin B, termasuk keluarganya seperti B2, B3, B6, dan B12. Berfungsi membantu metabolisme, produksi energi, dan sistem peredaran darah dan saraf yang sehat.
3. Vitamin C untuk meningkatkan kekuatan otot, jaringan ikat, serta kesehatan kulit.
4. Vitamin D membantu pembentukan tulang dan gigi, serta membantu tubuh menyerap kalsium.
5. Kalsium membantu membangun tulang yang kuat pada anak yang sedang tumbuh.
6. Zat besi berfungsi dalam membangun otot yang kuat dan penting untuk pembentukan sel-sel darah merah yang sehat. Kekurangan zat besi sering ditemui pada remaja, terutama anak perempuan yang telah menstruasi.

Kapan memberikannya?
Ketika anak mengalami gangguan penyerapan zat gizi dan dikhawatirkan mengalami kondisi kekurangan gizi. Hal ini bisa terjadi pada anak yang mengalami gangguan kebiasaan makan, seperti picky eater, anak yang sakit, serta anak yang baru sembuh dari sakit.

sumber : www.parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar