Membendung Sikap Agresif Anak

Ketika anak bersikap kasar, seperti langsung memukul saat merasa jengkel dengan teman bermainnya, tentu saja Anda harus menghentikannya. Tetapi, jangan lakukan dengan tindakan yang kasar juga karena anak adalah peniru yang baik.

Segeralah hampiri ia, dan katakan dengan lembut dan tegas, “Kamu tidak boleh memukul temanmu. Lihat, temanmu menangis karena kamu memukulnya.” Selanjutnya, beri ia pengertian, bahwa ia membuat temannya merasa sakit atau bersedih, temannya itu tidak akan mau berteman dengan ia lagi.

Sebagai konsekuensi atas perbuatannya, ajak ia pulang dan katakan, “Sepertinya kamu kurang bisa mengendalikan diri hari ini. Jadi, kita harus pulang sekarang.” Kemudian, minta ia duduk di satu tempat selama beberapa menit. Tetapi, bila sikap agresifnya berlanjut, bawalah ia ke psikolog anak agar memperoleh penenangan yang tepat. Siapa tahu, ada trauma tertentu yang telah ia alami, atau tanpa sepengetahuan Anda, ia telah menjadi korban tindakan yang agresif dari seseorang ketika Anda tidak sedang bersamanya, sehingga ia meniru dan bersikap sama.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar