Keuntungan Anak Kembangkan Bakat Seni

Beberapa manfaat seni bagi anak yang perlu orang tua ketahui:

1. Membuat anak jadi kreatif.
Kreatif di sini berarti anak akan selalu punya cara untuk menyelesaikan masalah. Contohnya, ketika bertengkar dengan temannya, ia akan tahu cara menyelesaikan konfl ik dengan baik. Bahkan, menurut Lisa Tanti, pemilik Art Nouveau, anak yang kreatif bisa saja menemukan cara menyelesaikan soal matematika, tanpa menggunakan rumus yang baku atau standar.

2. Menjadikan anak lebih percaya diri.
Melakukan seni, seperti membuat lukisan, prakarya, atau menari, akan membangun kebanggaan anak terhadap diri sendiri. Ketika anak melukis, ia akan menghabiskan waktunya selama berjam-jam, melibatkan seluruh hati dan jiwanya, berusaha mengolah, dan membuat hasil seninya menjadi indah. Ketika selesai, ia akan merasa puas dan bangga karena telah berhasil menciptakan sesuatu. Apalagi jika ditambah dengan apresiasi orang tua dan lingkungannya, kepercayaan diri anak akan semakin besar.

3. Lebih cepat mengembangkan kemampuan motorik.
Awalnya, anak akan menggerakkan seluruh lengannya untuk membuat coretan sehingga hasil coretannya menjadi tampak tak beraturan. Namun lama-kelamaan, anak akan lebih mampu mengendalikan gerakan tangannya, hingga akhirnya hanya pergelangan tangannya yang bergerak ketika ia menggambar atau menulis. Coretannya pun menjadi lebih rapi dan bermakna. Nah, anak yang terbiasa berlatih, kemampuan motoriknya akan lebih cepat berkembang dibandingkan yang jarang atau tidak dilatih. “Pada akhirnya, anak-anak inilah yang akan lebih cepat menguasai cara memegang krayon, memegang kuas, menggunting, dan menempel,”.

4. Belajar fokus.
Menurut Lisa  seni bisa sangat membantu pada anak anak berkebutuhan khusus. Pada anak dengan ADHD (attention defi cit hyperactivity disorder) yang sulit fokus, proses membuat karya seni bisa membuat mereka lebih tenang dan fokus saat melakukan sesuatu.Aktivitas, seperti menggambar, menempel, membuat anak tetap konsentrasi kepada hal yang ia lakukan, meski banyak aktivitas lain yang terjadi di sekelilingnya. Kemampuan berkonsentrasi atau fokus ini kelak berguna bagi anak ketika harus menyelesaikan soal matematika atau pelajaran lain yang membutuhkan konsentrasi tinggi.
Sumber : www.parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar