Fast Food Menurunkan Prestasi Akademik Anak

Makan makanan cepat saji atau fast food tidak pernah menguntungkan bagi siapapun termasuk anak-anak. Sebuah penelitian baru-baru ini yang diterbitkan di Clinical Pediatrics pada 21 Desember 2014 menungkapkan bahwa fast food dapat menyebabkan seorang anak mendapatkan nilai rendah pada mata pelajaran matematika, IPA, dan membaca.

Peneliti menambahkan menurut survei yang dilakukan terhadap 8.544 anak kelas lima SD di Amerika Serikat menyatakan bahwa konsumsi makanan cepat saji di kelas lima dapat menurunkan prestasi akademik di kelas delapan.

"Hasil penelitian ini memberikan bukti awal bahwa konsumsi makanan cepat saji berkaitan penurunan nilai akademik anak," kata peneliti dari Ohio State University dan University of Texas.

Dalam hal pertumbuhan prestasi, para peneliti menemukan bahwa anak kelas delapan yang makan makanan cepat saji setiap hari memiliki nilai empat poin lebih rendah daripada anak yang tidak makan makanan cepat saji. Mereka juga tertinggal tiga poin dalam mata pelajaran matematika dan empat poin dalam mata pelajaran IPA.

Menurut peneliti penurunan nilai mungkin disebabkan nutrisi yang rendah dalam makanan cepat saji terutama zat besi. Tingginya kadar lemak dan gula dalam makanan cepat saji juga dapat mempengaruhi perhatian dan waktu reaksi anak.

Peneliti menyatakan hubungan antara makan makanan cepat saji dengan prestasi akademik tetap sama meskipun variabel seperti aktivitas fisik, menonton televisi dan status sosial ekonomi dikaitkan.

Sumber : parentsindonesia.com
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar