Anak Aktif di Rumah, Pasif di Sekolah, Mengapa?

Meski di rumah anak periang dan banyak bicara, menurut gurunya, di sekolah ia temasuk pendiam. Apakah ia merasa tidak nyaman di TK-nya? Belum tentu.

Ketika berada di lingkungan baru, anak perlu waktu untuk menyesuaikan diri. Suasana di sekolah memang sangat berbeda dengan di rumah. Kalau di rumah, ia sudah sangat familier dengan siapa pun yang ada di rumah. Sedangkan di sekolah, masih banyak yang perlu ia pelajari dan banyak orang belum ia kenal dengan baik. Tak heran kalau ia belum terlalu nyaman, dan itu bisa membuat ia menjadi lebih pendiam.

Nah, anak-anak yang ‘jago kandang’ seperti itu umumnya terbiasa menjadi pusat perhatian di rumah. Sementara di sekolah, ada banyak anak lain sehingga ia merasa kesulitan bersaing dengan teman-temannya dan merebut perhatian guru.

Jadi, bersabarlah. Berikan dukungan dengan tidak terlalu banyak menuntut. Setiap anak adalah pribadi yang unik. Meskipun perilakunya berbeda dengan teman-temannya, tidak akan selamanya seperti itu. Hanya soal waktu saja sampai ia benar-benar bisa aktif dan ceria seperti di rumah..
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar