Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Letakkan satu mangkuk sayuran tepat di depan anak Anda dan apa yang akan mereka lakukan? Tersenyum, mengambil sepotong sayur dan mengunyah perlahan. Kalau saja ia bukan termasuk kategori anak susah makan sayuran...

Jika Anda memiliki anak susah makan sayuran, Anda tidak sendirian dan ya, hal ini tidaklah mengejutkan. Banyak anak yang tidak menyukai warna hijau, juga sayuran yang terasa aneh di lidah mereka. Jadi bagaimana cara Anda agar si anak susah makan sayuran tersebut mulai menyukai makan sayurnya dan mau makan sayuran secara teratur? Nah, berikut adalah 10 cara mudah untuk atasi anak susah makan sayuran!

1. Sajikan Makanan Favorit Anak Anda
Cari tahu apa makanan favorit anak Anda dan gantilah beberapa bahan dengan sayuran saat memasak. Anda dapat tambahkan sayuran saat menyiapkan makanan favorit anak Anda seperti smoothie, kue, pizza, lasagna, spaghetti dan bahkan es krim. Dengan begitu anak susah makan sayuran tersebut mulai suka menyantap sayuran dengan makanan favoritnya.

2. Tawarkan Mereka Macam-macam Sayuran
Pada awalnya, anak Anda mungkin menolak sayuran yang Anda sajikan di atas meja namun hal ini tidak berarti Anda harus berhenti menawarkan sayuran pada anak susah makan tersebut. Sebaliknya, Anda harus terus menyajikan sayuran setiap waktu makan. Jika anak Anda terbiasa melihat sayuran di atas meja, nanti mereka mungkin akan menyukai sayuran.

3. Ajak anak Anda Siapkan Makanan
Anda dapat melakukan hal ini dengan membiarkan anak Anda mengambil atau memilih sayuran segar di supermarket. Di rumah, Anda dapat meminta dia untuk mencuci sayuran yang Anda butuhkan untuk memasak. Dengan cara ini, anak Anda akan lebih tertarik pada sayuran yang telah mereka siapkan sebelumnya.

4. Beri Contoh Yang Baik
Dengan memberi contoh yang baik dengan dengan menunjukkan pada anak Anda bahwa Anda juga menikmati makan sayuran. Jika mereka melihat Anda melakukan hal tersebut setiap waktu makan, anak sulit makan sayur tersebut akan penasaran dengan apa yang Anda makan dan akhirnya mereka akan makan sayuran yang Anda sajikan.

5. Buat Waktu Makan Jadi Menyenangkan
Jangan pernah memaksa anak untuk makan sesuatu yang dia tidak suka. Jangan juga jejali mereka dengan sayuran saat makan. Hal ini mungkin akan membuat mereka merasa ‘bad mood’ tentang makan sayuran dan berpikir bahwa waktu makan adalah saat yang mengerikan.

6. Tawarkan Makanan Dengan Sayuran Saat Anak Anda Merasa Sangat Lapar
Setelah pulang sekolah, kemungkinan anak Anda akan makan hampir semua yang Anda sajikan di atas meja. Jadi, ini adalah saat yang tepat untuk memperkenalkan burger atau sandwich dan smoothie, milk shakes atau es krim dengan bahan dari sayuran.

7. Tambahkan Topping Atau Sajikan Dengan Olesan
Topping seperti mentega dengan sebentuk wajah tersenyum dapat menambah rasa dan warna pada sayuran. Satu olesan mayones atau saus juga dapat menarik minat anak susah makan sayur tersebut, terutama jika bentuk topping tersebut adalah sesuatu yang disukainya.

8. Kreatif Dalam Sajikan Sayuran
Menyajikan sayuran yang warna yang bermacam-macam. Potong sayuran menjadi bentuk yang berbeda. Anda dapat menambahkan mie berbentuk huruf pada sup sayuran tersebut. Juga bisa dengan memberi bentuk wajah gembira pada makanan.

9. Berlakukan Aturan 'Sekali Gigit'
Menemukan hal-hal baru adalah suatu bagian dari tumbuh dewasa, dan dengan melibatkan anak Anda untuk memiliki petualangan baru dengan makanan. Dengan menerapkan aturan 'satu-gigitan' di meja makan, di mana mereka harus mengambil setidaknya satu gigitan untuk setiap hidangan yang disajikan, termasuk sayuran. Hal tersebut sangat memungkinkan Anda untuk memperkenalkan makanan baru untuk anak-anak Anda, sementara anak Anda akan menemukan bahwa rasa beberapa sayuran tidak seburuk yang mereka lihat.

10. Biarkan Anak Anda 'Main' Dengan Sayurannya
Anak-anak suka bermain dengan apa yang mereka percayai, jadi mengapa tidak memasukkan sayuran ke dalam permainan yang mereka sukai ini? Biarkan mereka berpura-pura menjadi dinosaurus yang perlu makan brokoli untuk mendapatkan kekuatan super dan berlari lebih cepat dari T-rex. Permainan dengan imajinasi ini bisa menjadi awal yang baik agar anak susah makan sayur itu mulai menyukai sayuran.

Langkah-langkah ini hanya langkah awal agar si anak susan makan sayuran menjadi menyukai makan sayuran.
Sumber : id.theasianparent.com
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar