Manfaat Kacang Merah Untuk Kecerdasan Anak

Dibanding jenis kacang lainnya, kandungan karbohidrat kacang merah paling tinggi. Dalam bahasa Inggris kacang ini disebut kidney bean karena bentuk dan warnanya mirip ginjal. Jenis kacang merah kecil dikenal dengan nama kacang adzuki, kacang yang banyak dimanfaatkan dalam makanan Jepang untuk membuat pasta kacang merah yang digunakan sebagai isian.

Di pasaran, kacang merah dijual dalam versi segar/basah dan kering. Sebelum diolah, kacang merah kering direndam dulu sebelum direbus untuk menghemat waktu perebusan. Dalam kuliner Indonesia, menu olahan kacang merah yang sangat populer adalah sup kacang merah alias breneboun, sajian khas Manado. Kacang merah juga pas diolah jadi dessert, seperti es kacang merah dari Palembang.

KEUNGGULAN :
Memiliki kandungan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang yang kuat bagi anak. Juga, kacang ini mengandung asam folat dan omega 3 yang penting untuk kecerdasan otak anak. Karena itu, kacang merah sangat baik dikonsumsi oleh balita maupun anak-anak.

MEMILIH & MENGOLAH :
1. Pastikan pilih kacang merah segar yang tidak berbau busuk dan tidak licin/ berlendir.
2. Jika membeli kacang merah kering, pilihlah yang utuh, tidak banyak serbuk/bubuk halus pada permukaannya, dan tidak berjamur.
3. Perendaman dan perebusan kacang merah berfungsi untuk mengempukkan dan juga meminimalkan zat antigizi pada kacang merah yang menjadi penyebab flatulensi (perut kembung/bergas)
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar