Kesiapan Mental Anak Bersekolah

Jika syarat usia sudah terpenuhi, maka syarat berikutnya adalah kesiapan secara psikis. Untuk mulai bersekolah, bukan pengetahuan akan angka atau huruf yang menjadi syarat, melainkan kemampuan komunikasi, pengendalian diri, dan kemampuan anak untuk mengikuti kegiatan secara mandiri. Sederhana dan sesuai dengan tahapan perkembangan anak secara umum.

Di usia sekitar 3 tahunan, sebenarnya seorang anak sudah harus mampu untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara verbal. Artinya, ia harus mampu memahami pembicaraan (termasuk instruksi) dan mampu mengungkapkan ide atau perasaannya dengan menggunakan bahasa yang dimengerti oleh orang lain.

Mudahnya, anak sudah mampu menjawab dengan tepat ketika ditanya dan mampu untuk mengutarakan apa yang ia inginkan. Kemampuan ini harus berlaku secara umum, maksudnya adalah anak dapat berkomunikasi dengan orang lain di luar lingkungan keluarga terdekatnya.

Anak juga diharapkan telah mampu untuk mengendalikan dirinya dalam mengikuti kegiatan yang berlangsung dengan durasi tertentu sesuai dengan tingkatan kelasnya. Bukan berarti anak harus tenang dan diam sepanjang waktu, tapi ia diharapkan mampu untuk mengarahkan diri mengikuti kegiatan secara mandiri.

Kemandirian adalah salah satu faktor penting bagi kesiapan anak memulai kegiatan secara terstruktur. Anak diharapkan tidak lagi tergantung secara emosional dengan orang lain dan mampu untuk melakukan kegiatan bantu diri sendiri dengan bantuan minimal. Ketiga faktor tersebut secara alamiah akan dikuasai oleh anak pada usia siap masuk TK melalui stimulasi yang dilakukan oleh keluarga sebagai lingkungan terdekat anak.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar