Jalan-jalan Ke Museum dan Galeri

Apakah persamaan galeri seni dan museum? Keduanya berisi koleksi benda yang bisa jadi tidak ramah anak. Untuk beberapa orang, pergi ke galeri seni atau museum terkesan serius, aneh, suram, bahkan menyeramkan. Mungkin itu dulu. Sekarang sudah banyak museum di Indonesia yang berbenah diri dan menarik untuk dikunjungi. Galeri seni yang terbuka untuk keluarga juga ada, dan siapa tahu lokasinya tak jauh dari tempat tinggal Anda! Selain mengajak anak-anak belajar mengapresiasi seni sekaligus membuka cakrawala mereka, playdate di tempat semacam ini juga akan jadi kenangan yang sulit untuk dilupakan!

> Daftar A-B-C Lakukan kegiatan sederhana, sesederhana membuat daftar benda yang dilihat atau judul karya seni yang ada berdasarkan abjad. Datangi setiap bagian tanpa terburu-buru. Ajak anak-anak berbincang tentang 2-3 benda yang ada di museum dengan sedikit lebih mendalam. Gunakan buklet atau kartu keterangan sebagai referensi. Mama bisa membuat target 10 benda atau berapa pun yang bisa dilakukan dalam waktu 30 menit. Setelah daftar dikumpulkan, mereka bisa bercerita tentang kunjungan hari itu di taman terbuka, kafe, atau bahkan kedai es krim terdekat. Untuk yang ini, pasti anak-anak bersemangat!

> Bayangkan Berhenti di satu display dan minta setiap anak menyebutkan satu kata yang terlintas di benaknya tentang benda tersebut. Para orangtua yang ikut playdate juga boleh ikut ‘bermain’.

> Coba yuk Beberapa museum menyediakan kegiatan interaktif yang bisa Anda gunakan untuk bersenang-senang bersama para anak. Apalagi saat ada pameran atau event khusus. Kegiatan atau pameran kurang menarik minat anak? Anda bisa keluarkan kamera (atau telepon genggam) dan ciptakan berbagai adegan selfie di sudut-sudut unik. Siapa yang ekspresinya paling lucu, boleh memilih sudut foto berikutnya.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar