Ide Seru Bermain di Rumah

Inilah pilihan terbaik saat cuaca di luar tidak menyenangkan, panas, atau hujan. Kita pun tidak perlu repot mengantar anak keluar, hanya menyiapkan rumah bersih untuk para tamu dan beberapa kegiatan yang bisa menyibukkan anak. Playdate di rumah, walaupun bisa dilakukan kapan saja, sebaiknya menyesuaikan dengan jam bermain anak. Undanglah beberapa teman anak yang rumahnya tidak jauh (teman sekolah atau tetangga).

Kegiatan yang bisa kita dapat ciptakan:

> Crafty corner Siapkan satu meja lengkap dengan alat dan bahan prakarya, mulai dari gunting lipat hingga menjahit. Sesuaikan saja dengan kemampuan anak yang hadir.

> Reading corner Susun bantal warna warni dan bangun tenda dari kain. Siapkan beberapa buku pilihan yang disukai anak. Kita bisa memfotokopi berwarna tokoh-tokoh di dalam buku untuk digunting dan dijadikan wayang. Jika anak-anak berminat, mereka bisa menceritakan kembali isi buku kepada temannya menggunakan wayang buatannya.

> Cooking corner Ada banyak resep atau kegiatan memasak yang dapat dinikmati bersama anak-anak. Beberapa pilihannnya:
  • Menghias cupcakes dan biskuit. Kita bisa membeli cupcakes dan biskuit polos di toko, termasuk pasta khusus untuk menulis di atas kue yang aman di makan.
  • Membuat pizza. Kita bisa gunakan adonan pizza siap pakai, saus pizza sehat yang dibeli dari supermarket, dan cincangan daging untuk topping yang pasti disukai anak.
  • Mini BBQ. Anak-anak bisa memilih sendiri komposisi dalam tusukan satenya. Kita tinggal siapkan bahan yang pasti disukai anak, mulai dari potongan daging ayam hingga marshmallow.
> Quiz corner
Tahukah kita bahwa anak-anak sebenarnya senang main tebak-tebakan? Ajak, deh, mereka bermain kuis selayaknya kuis profesional di televisi. Mereka bisa memilih pemandu kuis yang nanti didampingi kita untuk mengingatkan peraturan kuisnya. Bahkan kita bisa mengajak anak untuk membuat aturan main kuis tersebut. Siapkan setumpuk pertanyaan dengan berbagai tingkat kesulitan. Siapa tahu Papa dan Mama lainnya juga bisa diajak bermain! Beberapa jenis kuis asyik yang bisa dicoba:
  • Kuis tebak gambar atau tebak lagu, atau keduanya! Anak-anak dibagi menjadi 2 tim. Seorang anggota tim menggambar/menjadi peraga dan sisanya menebak.
  • Kuis tebak benda. Simpan satu benda di dalam kotak dan peserta harus menebak benda apakah itu dari petunjuk-petunjuk yang disebutkan pemandu kuis.
> Treasure Hunt
Sembunyikan beberapa benda di sudut-sudut yang boleh mereka jelajahi, lalu berikan peta atau petunjuk ke arah tempat persembunyian. Agar lebih seru, berikan petunjuk yang sedikit menantang misalnya ‘di tempat ini semua berpasangan’ untuk merujuk pada rak sepatu. Atau memberikan kata kunci satu persatu.

> Indoor drive-in
Hampir semua anak senang menonton. Tapi, saat playdate, menonton film kesukaan bisa menjadi istimewa jika anak duduk di kursi spesial, misalnya mobil buatan sendiri! Siapkan beberapa kardus besar yang nantinya dibentuk menjadi mobil-mobilan. Setiap tamu boleh membawa pulang mobil masing-masing. Kita bisa membuatkan cemilan untuk teman menonton, seperti popcorn, nugget in a stick, potongan buah, atau es krim dalam cup.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar