Cara Efektif Ajak Anak Menabung

Sama pentingnya dengan melatih kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur dan cuci tangan sebelum makan, anak-anak juga perlu berkenalan sejak dini dengan kebiasaan menabung.

Menurut Jayne A. Pearl, penulis Kids and Money: Giving Them the Savvy to Succeed Financially, pelajaran tentang uang dan latihan menabung sejak kecil akan membantu orangtua mencetak generasi yang memiliki pemahaman lebih baik tentang masalah finansial.

Ini beberapa tip yang bisa Anda terapkan di rumah:

> MULAI DARI DIRI SENDIRI
Alih-alih membiarkan koin sisa uang belanja tercecer di seantero dapur, simpanlah di dalam toples atau wadah lainnya—yang isinya tampak dari luar. Ajak anak menyaksikannya atau minta bantuannya untuk memasukkan koin ke dalam stoples. Katakan bahwa setiap keping koin itu berharga dan bila dikumpulkan akan cukup untuk dipakai berbelanja lagi.

> BERIKAN CELENGAN
Setelah terbiasa melihat Anda menabung, berikan anak celengan pertamanya. Ada baiknya memilih celengan berlubang yang memungkinkan Anda mengeluarkan uang tanpa memecahkannya. Ini berguna jika sewaktu-waktu anak ingin mengintip uang yang sudah berhasil dikumpulkannya.

> TETAPKAN TARGET
Biar lebih semangat, ajak anak menetapkan target benda yang hendak dibelinya dengan uang tabungan. Untuk target pertama, pilih barang yang harganya tidak terlalu mahal supaya rentang waktu menabung tidak terlalu lama.

> BUAT REKENING BANK
Setelah berpengalaman menabung di dalam celengan, ajak anak menabung di bank yang menyediakan layanan pembukaan rekening khusus anak. Rasa kepemilikan atas rekening bank—yang diwakili kartu ATM dengan identitas pribadinya, membuat anak lebih bersemangat untuk menabung.
Sumber :  www.parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar