Anak Cukup Tidur Sebelum Masuk Sekolah

Hal paling penting dan utama dalam kesehatan anak adalah cukup tidur. Untuk usia sekolah dasar, anak harus mendapat waktu tidur 10-11 jam semalam. Seperti terlihat mudah, ya, Ma. Tapi ini tidak akan berjalan mulus ketika anak sudah mulai sekolah dan mempertahankan pola jam tidurnya dengan jadwal barunya.

Ketika orang tua terlambat pulang ke rumah, biasanya pola tidur anak terpaksa harus diatur kembali. Hal yang harus Anda pastikan adalah si kecil bisa menjalani hari-harinya tanpa harus tertidur di meja belajarnya. Caranya, seluruh keluarga di rumah harus mulai bergantian mengatur ulang jadwal mereka untuk menemani si kecil tidur.

Donald Schiff, M.D., seorang profesor di bidang kedokteran anak di University of Colorado School of Medicine menyarankan, “Anda tidak bisa sekadar mengatakan, ‘Wah, besok kita sudah mulai sekolah. Kamu harus tidur lebih awal malam ini, Nak.“Anda tak perlu khawatir ketika si kecil lesu karena kecapekan ketika pulang ke rumah, terutama pada minggu pertama dia masuk sekolah.

Menurut Greg Prazar, M.D., dokter anak di Exeter, NH, “Hal tersebut terjadi karena proses penyesuaian untuk anak. Banyak anak-anak akan memerlukan istirahat setelah pulang sekolah untuk menolong mereka saat penyesuaian dengan rutinitas sekolah yang baru.
Sumber : parenting.co.id
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar