Tips Mengajarkan Rasa Hormat Pada Si Buah Hati dengan Cara yang Cerdas

Senang dan bangga rasanya, jika sewaktu melihat si kecil bersikap sopan dan hormat dengan orang-orang yang anda di sekitarnya.

Betapa tidak, meskipun usianya masih begitu belia, namun si kecil sudah mampu menunjukan penghargaannya terhadap oranglain. Apalagi, si kecil bukan hanya menunjukan sikap ini pada orang yang lebih tua saja, namun juga pada semua teman-teman sebaya dan dibawahnya. Ia dengan sopan mengucapkan kata ‘maaf’ sewaktu meminta sesuatu dan senantiasa mengucapkan ‘terimakasih’ jika permintaannya bisa terkabul. Nah, bagaimana sudahkah ibu-ibu dirumah menerapkan hal ini pada si kecil?

Saling menghormati merupakan sikap terpuji dan merupakan salah satu kunci hidup harmonis antara sesama manusia.

Hanya saja, mengajarkan hal ini pada anak-anak tentunya bukanlah hal yang mudah seperti menjetikan kedua jari ditangan. Diperlukan pengorbanan dan kesabaran serta kerja keras dalam hal mendidik anak-anak agar mampu memiliki dan menanamkan hal ini dalam dirinya. Ujian dan hambatan mungkin akan anda dapatkan sewaktu memberikan dan menanamkan sikap ini dalam diri anak, salah satunya adalah pengaruh dari lingkungan yang membuat sikap anak yang sudah terlatih bisa kembali dipengaruhi. Belum lagi, jika tipikal anak anda adalah tipikal anak yang bandel dan sulit diatur, mungkin rasanya akan sulit sekali mengajarkan dan menanamkan sikap ini dalam diri mereka. Akan tetapi dengan kesabaran dan ketekunan, semua hal akan bisa anda raih dan wujudkan dengan mudah.

Anak-anak yang memiliki rasa hormat terhadap oranglain tentunya akan lebih mudah membuat mereka diterima dilingkungannya karena pribadi mereka yang menyenangkan. Hal ini tentunya berbeda dengan anak-anak yang memiliki pribadi kasar dan tidak sopan, selain dijauhi dilingkungannya, mereka juga akan kesulitan bergaul dan memiliki banyak teman.

Untuk itulah, menanamkan rasa hormat kepada oranglain pada diri anak adalah bagian yang penting dalam proses mendidik anak. Selain itu, ada begitu banyak aspek yang perlu dijarkan pada di kecil dalam membesarkan anak dan salah satunya dari aspek ini adalah mengajarkan mengenai rasa hormat, dan bagaimana sikap anak dalam memperlakukan oranglain dengan rasa hormatnya.

Seperti halnya mengajarkan banyak pendidikan penting lainnya pada diri anak-anak. Mengajarkan rasa hormat pada mereka juga perlu sekali diajarkan sejak dini baik sikap anak terhadap orangtua, kakek neneknya, paman dan bibinya maupun sikapnya terhadap lingkungan sekitarnya.

Selain itu, pertimbangan lain yang perlu sekali ibu perhatikan adalah bahwa anak-anak adalah seorang peniru yang ulung, dimana mereka sering mencontoh tindakan orang-orang yang dijadikannya sebagai panduan, termasuk orangtuanya. Untuk itulah, dengar artian yang lain, kita pun sebagai orangtua perlu memperhatikan segala hal dan memberikan contoh terpuji untuknya.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang bisa ibu terapkan dan tanamkan pada anak-anak dalam rangka mengajarkan rasa hormat pada mereka. Seperti apa saja hal-hal tersebut? Kita simak beberapa hal dibawah ini.

Jadilah Tauladan yang Baik

Mengajarkan sesuatu pada anak tidak cukup hanya dengan teori saja, diperlukan praktik nyata yang bisa anak lihat langsung. Ketika anda mulai mengajarkan rasa hormat pada anak, maka perlu dipahami pula bahwa sejak anak-anak mulai dapat memahami apa yang mereka dengar dan mereka lihat. Untuk itulah, orangtua sebaiknya mampu mengupayakan segala untuk sebisa mungkin menjadi tauladan yang baik untuk mereka. Baik dari segi perilaku maupun tata bicara orangtua ketika berkomunikasi bersama dengan oranglain. Hal yang perlu diingat adalah bahwa sebagain besar waktu yang dihabiskan oleh anak-anak adalah dengan orangtua dan keluarganya. Dengan demikian, anda juga perlu bersinergi bersama dengan anggota keluarga untuk senantiasa menjaga perilaku mereka dan memastikan jika semua anggota keluarga mampu memberikan contoh yang baik pada si kecil.

Awasi Perilaku Anak Anda

Ketika anda melihat bahwa apa yang anda ajarkan pada si kecil sudah mulai bisa ia terapkan dan terlihat seperti hal ini telah berhasil anda terapkan padanya. Sebaiknya, tidak tergesa untuk mengasumsikan hal tersebut berhasil dan melepaskan mereka dengan begitu saja. Anda juga perlu mengamati semua perilaku anak. Apakah sikapnya sudah sesuai dengan yang anda ajarkan pada mereka atau belum. Jangan sampai hal tersebut hanya mereka aplikasikan sementara. Dan berikan pemahaman pada anak-anak bahwa hal ini haruslah tertanam dalam diri mereka dan harus senantiasa mereka aplikasikan dalam hidup mereka sampai kapanpun.

Berikan Rasa Hormat dan Dukungan Pada Anak Anda

Rasa hormat akan tertanam pada diri anak, apabila sikap ini dicontohkan pada si kecil. Ketika anda mengajarkan anak untuk menghormati orang lain, maka anda pun harus mampu memberikan sikap ini pada anak serta memberikan dukungan dan dorongan pada mereka untuk belajar menunjukan rasa hormatnya terhadap orang lain. Dengan begini, ketika anda memberikan anak dorongan untuk menghormati oranglain maka akan berpengaruh pada anak yang mampu meningkatkan rasa percaya dirinya. Tak sedikit anak yang terkadang tidak menunjukan rasa hormatnya terhadap orangtua atau orang yang lebih tua darinya dikarenakan malu dan segan menunjukan hal tersebut.

Perhatikan Intonasi Suara

Terkadang, anak-anak menjawab dengan intonasi atau nada yang tidak sopan dan semena-mena dengan tidak menunjukan rasa hormatnya. Untuk itulah, saatnya bagi anda sebagai orangtua yang baik untuk mereka untuk mengajarkan bahwa intonasi dari cara mereka berbicara harus diperhatikan, terutama ketika mereka berbicara dengan orangtua. Dalam kasus ini anak-anak harus memahami bahwa nada yang lantang yang mereka ucapkan sewaktu meminta tolong bukanlah hal yang baik dilakukan. Sebaliknya, ajarkan mereka untuk meminta dengan sopan dan mengucapkan sesuatu dengan lembut, apalagi jika ucapan tersebut adalah sebuah permintaan.

Ajarkan Anak Bagaimana Berperilaku Sopan dan Santun

Dalam rangka mengajarkan anak rasa hormat, adalah penting sekali untuk orangtua mengajarkan sikap sopan dan santun pada anak. Dengan pelajaran sopan santun, anak-anak akan mampu memahami bagaimana bertindak sesuai dengan norma yang berlaku. Dengan begini perilaku hormat dan menghormati oranglain akan dengan sendirinya terbentuk dalam diri anak kerena mereka mengetahui batasan dan tatak rama ketika berada bersama dengan orang lain.

Anak-anak yang tahu sopan santun tidak akan sulit sewaktu dihadapkan dengan lingkungan yang baru. Meskipun mereka masih berusia belia, namun memperlakukan oranglain dengan rasa hormat akan senantiasa bisa mereka aplikasikan.

Mengajarkan anak akan rasa hormat dan menghormati oranglain adalah hal yang penting. Selain itu, pendidikan ini juga perlu sekali diberikan sejak anak masih dini agar sikap ini diharapkan mampu tertanam dan bisa mereka aplikasikan hingga mereka besar nanti.

Untuk itulah, beberapa cara diatas diharapkan mampu membantu ibu dalam mendidik dan memberikan pelajaran berharga ini pada anak-anaknya dengan lebih mudah. Semoga tips kali ini bermanfaat untuk semua orangtua didunia.

Sumber : Bidanku.com
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar