Siswa Harapan Bunda Belajar Memasak

Harapan Bunda mengajak siswa membuat roti isi sendiri. Belajar mamasak usia KB-TK tidak menggunakan gas, kompor dan lainnya mengingat usianya. Tetapi belajar memasak yang sederhana. Meskipun dengan bahan sederhana roti dan mentega, anak belajar mandiri mengolesi roti dengan mentega sesuai selaranya.

Harapan Bunda ingin mengembangkan kemampuan motorik dan mengasah kepekaan indra, yakni penglihatan, pendengaran, penciuman, peraba, dan perasa. Semuanya bekerja sama untuk menghasilkan cita rasa makanan yang lezat dan menarik, sehingga mampu menggugah selera.

Tidak salahnya mengajak anak untuk membantu saat memasak di rumah. Karena terdapat berbagai manfaat positif  antara lain

Kemampuan Bahasa
Anak akan menikmati proses belajar mengenali huruf dan angka dengan melihat resep yang ada didepan mereka dan sekaligus belajar membaca.

Kemampuan kognitif
Anak-anak akan dapat belajar mengenal ukuran ketika mereka menuangkan segelas air, atau sesendok makan gula ke dalam adonan. Mereka juga dapat belajar berhitung dengan menghitung jumlah bahan yang akan digunakan untuk memasak, seperti; telur 3 buah, bawang merah 5 siung, bawang putih 3 siung dll.

Pemahaman IPA
Anak-anak bisa memperkaya pengetahuan tentang asal muasal bahan pangan, mereka juga bisa memperhatikan perubahan fisika dan kimia selama proses memasak., seperti ketika melelehkan coklat dan mendidihkan air.

Kemampuan Sosial dan Pengetahuan Budaya:
Dengan memasak anak-anak mengenal makanan yang berbeda-beda sesuai dengan ciri khas dari daerah asal masakan tersebut.
Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar