Sungguh Menyenangkan Bermain Pasir Basah


Aktifitas bermain anak sebagai cara untuk belajar, memang harus didukung. Salah satu cara adalah bermain pasir yang bisa mengembangkan tiga bidang pekembangan, yaitu fisik, kognitif dan sosial-emosi.

Bayangkan tangan Anda sedang meremas-remas pasir. Tangan Anda dialiri pasir kering dan pasir basah. Kemudian Anda menciptakan berbagai bentuk dari pasir basah menggunakan cetakan berbagai bentuk: kupu-kupu, kelinci dan boneka salju.

Tak hanya menyenangkan, permainan sensori ini sangat penting bagi perkembangan anak. Bermain pasir memberi peluang bagi anak untuk belajar konsep pengetahuan tentang basah dan kering serta isi. Bermain pasir membantu anak mengembangkan tiga bidang perkembangan:

Fisik 
Memperkuat otot kecil ketika anak menyerok pasir dan menyendok air untuk membasahi pasir kering. Koordinasi mata–tangan, bekerja dengan alat dan menguatkan otot besar saat ia mengambil air  menggunakan ember kecil.

Kognitif
Anak melihat perbedaan pasir basah dan pasir kering, menambah kosa kata tentang kering dan basah, kental dan encer. Anak melihat jumlah pasir yang sama, punya bentuk berbeda bila dimasukkan ke dalam tempat berbeda

Belajar sebab-akibat, apa yang terjadi bila pasir basah diberi pasir kering, ketika pasir basah ditambah air, ketika pasir basah dituang dari ember, dan sebagainya.

Sosial-emosi.
Bagi si 4 tahun, bermain pasir dan air memberi ide  untuk bekerja bersama teman membangun menara pasir, dan istana pasir. Bermain pasir dapat menenangkan hati anak yang risau. Bermain pasir dapat menjadi sarana mengekspresikan perasaan dan pikiran.

Share on Google Plus

About Global Web

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar